Mengenal Lebih Dekat Dengan CC 205 - EMD GT38AC | Sukacita Railways

Pada kesempatan kali ini kami akan mengulas lebih dalam tentang salah lokomotif yang beroperasi di Indonesia pada abad ke-20, tentu lokomotif ini adalah buatan dari negara Amerika Serikat yang diproduksi oleh pabrikan EMD, dengan tipe EMD GT38AC atau dengan penomoran lokomotif yang ada di Indonesia biasa dijuluki CC 205 (The Big Boy from Sumatera).

Untuk lebih jelasnya langsung saja Anda simak beberapa paparan kami yang kami sadur dari beberapa sumber yang jelas dan akurat serta terpercaya.

Sejarah GT-Series | Freight Locomotives


Selama lebih dari 90 tahun pabrikan EMD telah menghasilkan yang paling tahan lama, andal dan berkelanjutan produk dan layanan lokomotif di industri kereta api dunia. EMD mendesain dan memproduksi lokomotif diesel-listrik untuk semua komersial aplikasi yang berada di jalan rel, dengan 65.000 EMD-powered lokomotif dikirim ke lebih dari 75 negara di dunia. Keunggulan teknologi EMD kinerja mendorong reputasi EMD menjadi luar biasa di dalam konteks kualitas, layanan, dan inovasi.



Platform lokomotif EMD GT-Series termasuk Model GT38AC, GT42AC dan GT46AC. Ini lokomotif mengintegrasikan mesin Seri 710 EMD bersama dengan teknologi traksi AC untuk menyediakan efisiensi dan kinerja yang unggul untuk yang luas berbagai operasi. EMD mempelopori pembangunan traksi AC untuk pengangkutan diesel-listrik lokomotif berat, sampai hari ini ribuan lokomotif EMD tipe AC beroperasi di seluruh dunia.

Teknologi canggih EMD GT-Series, Lokomotif  ini menyediakan solusi produk utama untuk keamanan, keandalan, efisiensi, dan keberlanjutan, dengan lokomotif GT38AC, GT42AC dan GT46AC memberikan perjalanan rel yang optimal dalam layanan di seluruh Amerika Selatan, Timur Tengah, Afrika dan Asia Tenggara.

Fitur keunggulan dari lokomotif spesialis pengangkutan EMD GT-Series
  • Mesin EMD 710 yang sangat handal dan efisien bahan bakar
  • Daya tarik AC yang tahan lama
  • Inverter traksi AC yang dikontrol untuk meningkatkan keandalan
  • Opsi bogie semi-kemudi untuk kemampuan negosiasi kurva yang ditingkatkan
  • Rem dinamis berkapasitas tinggi menawarkan upaya pengereman seragam secara luas kisaran kecepatan
  • Aksesori yang digerakkan inverter untuk meningkatkan penghematan bahan bakar
  • Kabin dan carbody direkayasa untuk meningkatkan visibilitas
  • Elektronik Perkeretaapian Terpadu (FIRE ™) Fungsional antarmuka manusia-mesin
  • Opsi untuk EMD Uptime prediksi rel generasi mendatang platform analitik
EM2000TM Microprocessor Control System
Fitur ++
  • EM2000TM Microprocessor Control System
  • Excitation and load control
  • Adhesion control
  • Engine control
  • Diagnostic system
  • Archived unit history data
GT Series AC Locomotive Technical Details / Detil Teknik Lokomotif CC 205
  • G = desain standar roadswitcher EMD untuk pasar ekspor di luar Amerika
  • T = mesin dilengkapi turbocharger
  • 38 = mesin EMD seri 710G yang memiliki 8 silinder
  • AC = motor traksi AC
  • e = dilengkapi sistem injeksi bahan bakar elektronis sehingga mesin bertenaga besar, efisien, dan emisi gas buang telah memenuhi persyaratan Enviromental Protection Agency (EPA) Tier-2.
Lokomotif ini merupakan lokomotif diesel terkuat di Indonesia, bila di Asia Tenggara KTM Blue Tiger milik Malaysia yang lebih unggul daripada CC 205 Indonesia karena Blue Tiger KTM memiliki kekuatan 3300HP namun untuk traksi effort nya hanya 517 kN namun CC 205 memiliki traksi effort 600 kN. 

Menurut informasi dari orang yang berpengalaman di bidangnya maksimal kecepatan lokomotif CC 205 saat dinas Babaranjang dibatasi dengan taspat 45km/h karena bilamana dipaksa didalam kecepatan yang melebihi batas akan terforsir, akan menimbulkan mempercepat umur ekonomisnya.

Dipo induk
Lokomotif
Tanjung Karang (TNK) CC 205 01 (CC 205 11 01) - CC 205 06 (CC 205 11 06)
Tanjung Karang (TNK) CC 205 07 (CC 205 13 01) - CC 205 50 (CC 205 13 44)
Tanjung Karang (TNK) CC 205 51 (CC 205 14 01) - CC 205 55 (CC 205 14 05)

Saat ini seluruh 55 unit lokomotif CC 205 telah datang di Indonesia. Semua lokomotif CC 205 ditugaskan untuk menarik kereta api batu bara rangkaian panjang 60 gerbong.
Share:

Entri Populer

Adsense 300x250

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.